Ketentuan Aqiqah

Ketentuan Aqiqah Untuk Anak Perempuan, Ketentuan Aqiqah Jika Anak Lahir Perempuan yang Benar, Ketentuan Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki Adalah, Ketentuan Aqiqah dan Qurban, Ketentuan Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki, Ketentuan Aqiqah Bayi Perempuan

Bagi setiap bayi yang sudah lahir kedunia ia akan diaqiqahi oleh oarang tuanya. Dan hal tersebut sudah menjadi tugas dan tanggung jawab setiap orang tua.

Namun banyak orang tua yang kurang memperhatikan hal tersebut. Padahal aqiqah sangatlah penting untuk anak.

Banyak orang tua yang sibuk dengan perkerjaan atau urusan lainnya sampai tidak mempunyai waktu untuk mengaqiqahi sang anak.

Padahal mengaqiqahi anak juga bisa dengan menyalurkannya ke panti asuhan, pondok pesantre, ataupun tempat yang membutuhkan lainnya.

Namun sebelum kita membahas mengenai ketentuan aqiqah, alangkah baiknya jika kita membahas mengenai pengertian aqiqah terlebih dahulu.

Pengertian Jelas Mengenai Aqiqah

Secara bahasa aqiqah sendiri mempunyai arti yaitu "memotong". Namun ada juga yang mendefinisikan aqiqah sebagai nama rambut bayi yang yang baru saja dilahirkan. Dan pengertian dari aqiqah yang sebenarnya yaitu Ibadah sunnah yang dilaksanakan untuk bayi yang baru lahir dengan melakukan sembelih kambing sebanyak 2 ekor (anak laki-laki) dan juga 1 ekor kambing (anak perempuan).

Aqiqah sendiri dilaksanakan sebagai bukti rasa syukur orang tua kepada Allah SWT karena telah diberikan seorang bayi didalam kehidupannya. Dengan menunaikan aqiqah anak, maka kita juga sama dengan menghidupkan sunnah Rasulullah SAW. Selain itu kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Seberapa Pentingnya Aqiqah Untuk Anak?

Jika membahas mengenai penting atau tidak pentingnya aqiqah untuk anak, semua kembali kepada orang tua masing-masing karena hukum aqiqah adalah sunnah. Namun didalam agama Islam setiap orang tua yang beragama Islam mereka dianjurkan oleh Allah SWT untuk mengaqiqahi anaknya sebagai penebus status anak yang masih tergadai.

Ketika anak tidak diaqiqahi, maka ia tidak bisa memberi syafaat untuk kedua orang tuanya di hari akhir kelak. Jadi didua penjelasan tadi dapat disimpulkan bahwa aqiqah sangatlah penting untuk setiap anak bahkan orang tua, walapun hukum aqiqah tidak wajib alias sunnah. Namun semua orang tua dianjurkan untuk mengaqiqahi anaknya.

Ketentuan Aqiqah

Didalam pelaksanaan aqiqah juga terdapat beberapa ketentuan yang harus dilakukan pada saat melaksanakannya. Ketentuan aqiqah pertama yang harus Ayah Bunda ketahui adalah waktu pelaksanaan aqiqah. Didalam agama Islam waktu baik yang dianjurkan untuk mengaqiqahi anak itu ketika anak masih berumur sekitar 7 hari, 14 hari dan juga 21 hari.

Waktu baik tersebut dapat dilaksanakan ketika Ayah dan Bunda sudah mampu mengaqiqahi sang anak. Namun jika Ayah dan Bunda belum bisa mengaqiqahi sang anak diwaktu tersebut, maka tidak apa-apa, dan aqiqah sang anak bisa ditunda dilain waktu sampai Ayah dan Bunda mempunyai kemampuan untuk mengaqiqahi.

Dan yang kedua yaitu ketentuan dalam hewan aqiqah. Sebelum Ayah Bunda menyembelih hewan aqiqah, alangkah baiknya mengecek terlebih dahulu hewan aqiqah apakah sudah sesuai dengan syariat Islam atau belum. Nah untuk mengecek hal tersebut sebaiknya ikuti tips dan langkah sebagai berikut.

yang pertama dicek hewan aqiqah sebelum disembelih yaitu kesehatannya. Untuk mengetahui sehat tidaknya hewan, lihat pada mata kambing aqiqah, jika disekitar mata kambing aqiqah mengeluarkan air atau kotoran berarti kambing tersebut sedang terkena sakit mata. Lalu cek pada kotoran kambing, jika kotaran kambing tidak berbentuk padat namun justru berbentuk cair, maka kambing tresebut sedang ada permasalahan pada pencernaannya.

Dan yang terakhir yaitu lihat tingkah kambing saat berjalan. Apakah jalannya normal atau tidak. Jika jalannya tidak normal atau pincang, berarti kambing tersebut mengalami cacat pada kakinya atau sedang sakit pada kakinya.

Setelah selesai mengecek kesehatan kambing, langkah selanjutnya yaitu pilih kambing aqiqah yang mempunya badan gemuk atau tidak terlalu kurus untuk disembelih, agar daging yang dihasilkan nanti juga tidak terlalu sedikit. Dan yang terakhir yaitu kambing aqiqah harus sudah berumur minimal 6 bulan sampai dengan 1 tahun.

Masakan yang Ada Dalam Acara Aqiqah

Setiap orang tua terutama Bunda pastilah bingung dan pusing ketika dikaitkan dengan masakan untuk acara. Yaps, pasti pandangannya akan bikin ribet dan memakan waktu yang banyak. Karena harus memotong kambing terlebih dahulu, kemudian memotongnya menjadi kecil-kecil, dan belum lagi beli bahan masakan dipasar, belum lagi ada yang kelupaan atau ketinggalan.

Nah untuk mengatasi itu semua Ayah Bunda tak perlu bingung lagi, karena Ayah Bunda cukup memesan jasa layanan aqiqah secara online yang harganya terjangkau dan masakan diantar dengan tepat waktu sesuai amanah. Jadi Ayah dan Bunda cukup menghubungi kami Aqiqah Berkah di 0852-3281-1787. Dan kami akan menjalankan amanah Ayah dan Bunda.

Dalam acara aqiqah menu masakan yang disiapkan bisa bebas atau sesuai dengan selera Ayah dan Bunda. Jadi tidak harus menu wajib. Acara aqiqah bisa menggunakan menu apa saja seperti sate kambing, gule kambing, krengsengan dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, tunggu apa lagi. Ayoo buruan pesan masakan aqiqah hanya di Aqiqah Berkah dijamin amanah dan syari.

SebelumnyaHukum Menawar Kambing Aqiqah
SelanjutnyaPembacaan Doa Akikah Dilakukan Oleh